Service Frezer, Service kulkas, Service Mesin Cuci, Service Water Heater, Service Dispenser, service Cold Storage, Service Showcase

Penyebab Air Dispenser Tidak Panas dan Cara Memperbaiki

Masalah dispenser yang tidak panas memang sering membuat Anda menjadi bingung sendiri. Terlebih lagi jika Anda menggantungkan pembuatan air panas menggunakan dispenser untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dengan begitu, maka Anda pun harus mencari solusi atas permasalahan tersebut. Agar tidak terjadi masalah yang sama di kemudian hari, maka selain mengatasinya sendiri Anda juga bisa memanggil teknisi service dispenser agar dispenser bisa segera digunakan kembali.

Penyebab Air Dispenser Tidak Panas

Perlu Anda ketahui, bahwa dispenser sendiri terdiri dari dua macam, yakni dispenser air panas dan air dingin, serta dispenser yang hanya bisa menghasilkan air panas saja. Dalam proses memanaskan air, dispenser juga memanfaatkan dua komponen, yakni Thermofuse dan elemen panas.

Ketika air dispenser tidak lagi panas, itu tandanya ada masalah pada kedua komponen tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

  • Thermofuse Rusak

Fungsi dari thermofuse ini adalah sebagai otomatis pemutus arus listrik yang mengarah ke elemen panas dispenser. Ketika air ada di dalam tabung dispenser, maka panasnya akan sesuai dengan ukuran dari thermofuse tersebut. Biasanya 75 derajat hingga 95 derajat celcius.

Jika tingkat panas air sudah mencapai 75 derajat atau 95 derajat celcius, maka thermofuse akan memutus arus listrik ke elemen. Jika air sudah mulai dingin, maka thermofuse akan mengirim arus listrik kembali ke elemen guna untuk memanaskan air kembali.

  • Elemen Panas Putus

Jika thermofuse yang biasanya digunakan untuk mengatur tingkat panas air, maka elemen bisa Anda gunakan untuk memanaskan air. Cara kerjanya pun masih sama seperti elemen pada umumnya dengan ukuran 250 watt, 350 watt, dan 450 watt.

Jika elemen ini putus atau rusak, maka air tidak akan bisa panas. Hal ini disebabkan karena ini merupaka satu-satunya alat yang memiliki fungsi untuk memanaskan air pada dispenser. Untuk penyebab elemen atau thermofuse ini rusak adalah karena tegangan listri yang tidak stabil.

Jika Anda sudah mengetahui apa saja penyebab air dispenser tidak panas, maka Anda pun juga harus mengetahui bagaimana cara untuk memperbaikimya.

  • Pertama, silahkan Anda siapkan semua peralatan yang dibutuhkan.
  • Lepaskan baut pada bagian belakang untuk memeriksa thermofuse dan elemennya.
  • Jika sudah, silahkan lepas soket yang ada pada thermofuse tersebut.
  • Kemudian, silahkan Anda tes menggunakan multitester dengan memposisikan pada range oHm.

Jika memang hal ini terlalu sulit untuk Anda lakukan sendiri, maka Anda bisa menggunakan jasa service dispenser dari Dewitehnik. Dewitehnik dipilih karena terbukti terpercaya dan memiliki kualitas layanan yang mumpuni, serta jam terbang yang tinggi. Jadi, tunggu apa lagi?

JASA LAYANAN SERVICE YANG KAMI BERIKAN:

    • Service Dispenser

    • Berbagai Merek dan Jenis

    • Untuk Perumahan, Rumah Susun/Rusun, Apartemen, Clauster, Recidance, Gateway, Gedung, Perkantoran, Kampus/Universitas, Sekolahan, Kostan, dan juga ruko

    • Isi Freon

    • Jual Sparepart Dispenser

    • Ganti Sparepart

HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA :

Contact Person :

DICKY AGUS TIADI

NPWP : 72.920.161.6-72.000

WA/SMS/HP : 0813 6700 0871